Sabtu, 26 Juli 2014

Tepung Tulang Ikan Tuna
Tuna Bone Meal

Terbuat dari kepala ikan tuna, ikan surimi, ikan kecil lainnya, dengan proses ikan direbus dikeringkan dengan oven atau jemur matahari, digiling dengan saze 0 -11 mm, kadar air max 11 %,  kadar  protein min  35 % atau N 5,6 %, Kadar P2o5 min 6 %, sangat cocok jika digunakan untuk bahan pupuk organik, maupun campuran pakan pakan ternah yang mengutamakan Calcium tinggi. Kami melayani dalam kemasan karung plastik tangpa inner isi 25 kg / bag atau sesuai dengan kebutuhan.

Gambar Tuna Bone Meal : Saze 0 -12 mm


 

 

 

 

 

 

 

Kandungan terdapat dalam Tepung Ikan

Ikan ternyata memiliki kebutuhan sebagai bahan baku dalam pembuatan pupuk organik yang lengkap ini. Oleh karena nilai organik, baik nilai organik dari unsur hara N, nilai organik dari unsur hara P, dan nilai organik dari unsur hara K yang terdapat didalamnya memiliki kelebihan kalau dibandingkan dengan bahan – bahan yang lainnya. Juga bahwa didalam ikan ini masih terkandung unsur – unsur hara yang lainnya, khususnya mengandung unsur hara mikro yang sangat berguna bagi tanaman.
Pupuk organik lengkap yang terbuat dari hasil sisa pengolahan ikan ini, bukan barang yang baru bagi (bukan hal yang baru atau asing lagi) dunia pertanian, khususnya bagi pertanian buah – buahan.
Walaupun yang menjadi masalah ialah bau dari ikan yang tidak pernah hilang dari pupuk tersebut. Ini ternyata yang menjadi sifat khas atau karakteristik dari pupuk organik yang berbahan baku dari ikan sehingga dapat dibedakan dengan bahan pupuk organik yang menggunakan bahan baku lainnya.
Di Negeri Jepang penggunaan tepung ikan sebagai pupuk sudah sangat populer, terbukti Indonesia terus meng export tepung ikan ke negeri jepang.
Fungsi pupuk  tepung ikan di dalam tanah sebagai berikut:
1.  Untuk mempertahankan dan atau meningkatkan sifat fisik dari tanah. Dengan fisik tanah yang baik, maka akan banyak keuntungan yang akan didapatkan, antara lain ialah sebagai berikut :
a.   Dapat mengatur kelembaban tanah.
b.  Dapat mengatur sirkulasi oksigen tanah.
c.   Dapat mempermudah penetrasi akar masuk kedalam tanah.
2.  Sebagai unsur – unsur hara mikro yang dibutuhkan bagi tanaman.
3.  Sebagai sumber bahan makanan bagi mikroba yang ada didalam tanah. Yang seperti kita ketahui bahwa mikroba yang ada didalam tanah, sangat berperan penting didalam setiap proses yang terjadi didalamnya, antara lain yang terjadi ialah proses sirkulasi biogeokimia unsur – unsur hara dan kelarutan dari unsur – unsur hara tersebut, sehingga dapat diserap oleh akar dari tanaman tersebut.
4.  Dapat menunjang berlangsungnya efesiensi dalam penggunaan pupuk. Hal ini sudah diketahui sejak lama bahwa kalau sifat fisik tanah jelek, misalkan pada tanah yang kering
Tuna Bone Meal / Tepung Tulang Tuna
Bahan untuk pupuk organik dari ikan saya coba ulas dari bahan baku limbah ikan tuna dan ikan kecil lainny,  kandungan yang terdapat pada tepung tulang tuna tersebut :
Tepung tulang tuna mempunyai kadungan sebagai berikut:
Nitrogen / Protein : min 5 % / 31,25 %
Fosfat ( P2O5 ) : min 7 %
Kalium larut air ( W - K2O ) : 3,70 %
Natrium ( N a )  : 5,63 %
Clorin ( CL ) : 9,64 %
PH ( 1 : 100 ) : 6,83 %
Kandungan tersebut diatas bisa berubah sesuai dengan jenis ikan dan cara pemrosesan, untuk mengetahwinya diperlukan uji Laboratorium.
Dikutip dari berbagai sumber.     Jika anda membutuhkan kami bisa layani dengan rutin, silahkan inbox : bagus_adi212@yahoo.co.id


" ANDA MINAT KAMI LAYANI "

Tidak ada komentar:

Posting Komentar